Selasa, 14 Desember 2010

Kisi - Kisi Soal IPA

  1. Apa yang dimaksud dengan ekskresi dan sebutkan 4 organ yang berperan di dalamnya!
  2. Sebutkan 3 tahap pembentukan urine !
  3. Apa yang dimaksud dengan ovulasi?
  4. Sebutkan fungsi plasenta bagi fetus!
  5. Apa perbedaan tubektomi dan vasektomi?
  6. Sebutkan perbedaan fungsi saraf sensorik dan saraf motorik !
  7. Sebutkan 3 jenis adaptasi dan berikan masing-masing contohnya !
  8. Apa perbedaan perkembangbiakan secara vegetatif dan generatif !
  9. Apa yang dimaksud dengan kromosom?
  10. Sebutkan perbedaan persilangan monohibrid dan dihibrid!
  11. Menurutmu, mengapa di waktu dingin kamu sering mengeluarkan urine atau buang air kecil?
  12. Apa yang kamu lakukan jika di sekitar tempat tinggalmu ada orang yang mengidap AIDS?
  13. Andika adalah seorang siswa SMP yang rajin belajar hingga larut malam. Namun, di sekolahnya ia tidak dapat membaca tulisan di papan tulis dengan jelas. Dapatkah kamu menjelaskan adakah hubungan kebiasaannya belajar hingga larut malam dengan ketidakmampuannya membaca dengan jelas? Saran apa yang dapat kamu berikan?
  14. Bunglon berubah warna ketika menghindari musuh. Apakah yang dilakukan bunglon tersebut merupakan adaptasi? Jelaskan !
  15. Apa yang kamu ketahui tentang sifat intermediet? Berikan contoh persilangannya!


JAWABAN

  1. Ekskresi adalah proses pengeluaran zat-zat sisa metabolisme yang tidak diperlukan lagi. Organ yang berperan di dalamnya adalah ginjal, paru-paru, hati dan kulit.
  2. Tahap pembentukan urine adalah filtrasi – reabsorbsi – augmentasi
  3. Ovulasi adalah proses lepasnya sel ovum dari ovarium
  4. Fungsi plasenta bagi fetus adalah menyalurkan makanan dan oksigen dari ibu ke fetus, mengalirkan zat-zat sampah dari fetus ke induknya dan melindungi janin dari racun dan kuman penyakit.
  5. Tubektomi pengikatan saluran tuba falovi pada wanita sedangkan vasektomi pengikatan saluran vas deferens pada pria.
  6. Saraf sensorik berfungsi menghantarkan rangsang dari reseptor ke saraf pusat sedangkan saraf motorik berfungsi menghantarkan rangsang dari saraf pusat ke efektor.
  7. a. Adaptasi morfologi. Contohnya : paruh burung yang berbeda-beda
b. Adaptasi tingkah laku. Contohnya : mimikri pada bunglon
c. Adaptasi fisiologi. Contohnya : rayap menghasilkan enzim selulosa untuk mencerna kayu
  1. Perkembangbiakan secara generatif melalui proses perpaduan sel kelamin jantan dengan sel kelamin betina, sedangkan perkembangbiakan secara vegetatif tidak.
  2. Kromosom adalah benang-benang halus yang berfungsi sebagai pembawa informasi genetis kepada turunannya.
  3. Persilangan monohibrid merupakan persilangan antara dua individu sejenis dengan memperhatikan satu sifat beda, sedangkan persilangan dihibrid persalingan antara dua individu sejenis dengan memperhatikan dua sifat beda.
  4. Jika tubuh dalam keadaan dingin, pembuluh darah akan mengerut, dan kelenjar keringat tidak mengeluarkan keringat. Hal ini terjadi karena untuk mengurangi pengeluaran panas dari tubuh. Untuk mengimbangi keadaan ini, maka alat ekskresi yang berperan dalam keadaan dingin adalah ginjal, sehingga kita sering merasa ingin buang air kecil pada waktu dingin.
  5. Jika di sekitar tempat tinggal saya ada yang mengidap AIDS, maka saya akan menjahui kebiasaan yang berkaitan dengan penularan penyakit AIDS, seperti berhubugan badan dan menggunakan jarum suntik atau transfusi darah dengan penderita AIDS.
  6. Di malam hari, cahaya lebih sedikit dibandingkan siang hari. Itulah harus digunakan cahaya lampu yang cukup apabila kita hendak membaca di malam hari. Apalagi bila belajar hingga larut malam, kemungkinan otot-otot mata pun sudah lelah Sehingga kebiasaan membaca di malam hari dapat merusak mata. Kemungkinan besar, Andika mengidap penyakit rabun jauh karena kebiasaannya membaca hingga larut malam ini. Itulah sebabnya ia tidak dapat melihat benda-benda jauh seperti tulisan di papan tulis. Saran saya, sebaiknya Andika menggunakan kacamata lensa cekung (negatif), menggunakan cahaya yang cukup saat membaca di malam hari, dan membatasi waktu membaca tidak sampai larut malam, serta memperbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah yang mengandung vitamin A buat kesehatan mata.
  7. Bunglon berubah warna ketika menghindari musuh. Ya, hal ini merupakan adaptasi, tepatnya adaptasi tingkah laku. Karena bunglon mengubah tingkah lakunya yakni berubah warna sesuai lingkungan yang ditempatinya. Hal ini bertujuan untuk menghindarinya dari musuh, sehingga kelestariannya dapat terjaga.
  8. Sifat intermediet dipengaruhi oleh gen dominan yang tidak jenuh. Contohnya persilangan bunga Antirrhinum merah (MM) dengan bunga Antirrhinum putih (mm) menghasilkan bungan Antirrhinum merah muda, bukan merah meskipun genotipe nya Mm.

Tidak ada komentar: